Tanya Dokter Spesialis Jantung: Cara untuk Mencegah Detak Jantung yang Cepat

Cara untuk Mencegah Detak Jantung yang Cepat

Kopi merupakan salah satu minuman yang dapat menimbulkan palpitasi jantung. Walaupun kopi memberikan stimulan pada jantung yang menurunkan resiko diabetes dan menurunkan penyakit usus besar. Minuman ini berhubungan dengan penyakit jantung dan organ jantung. Jantung merupakan organ vital dan setiap penyakitnya dapat melakukan tanya dokter spesialis jantung sehingga penyembuhan akan lebih cepat dan tidak memakan waktu yang banyak.

Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat dialami jantung diantaranya:

  • Penyakit jantung yang cukup umum terjadi yang disebabkan oleh penyumbatan dan penyempitan pada arteri jantung, jenis membuat rasa sakit pada bagian dada, ketidaknyamanan, sesak napas dan gangguan pada pencernaan, apabila tidak segera diobati akan memberikan komplikasi.
  • Serangan jantung merupakan kondisi darurat yang menyebabkan pasokan darah terhambat menuju jantung sehingga sel otot jantung rusak, penyakit ini memberikan gejala seperti sesak napas, keringat dingin, kerusakan permanen pada organ dan dapat menyebabkan jantung berhenti secara mendadak.
  • Aritmia merupakan detak jantung yang tidak abnormal, jantung merupakan penyakit yang cukup banyak dialami biasanya terjadi karena kasus jantung rusak maupun lemak, gejalanya seperti jantung berdetak secara kencang, denyut menjadi lambat, pingsan, sakit dada dan pusing.

Selain itu, terdapat juga jenis penyakit jantung seperti penyakit jantung bawaan yang menyebabkan sakit jantung semenjak lahir. Jantung bawaan ini terdiri atas cacat septum penyebab adanya lubang diantara dua bilik jantung, kelainan obstruksi yang terjadi karena kelainan pada aliran darah menuju bilik jantung maupun lainnya mengalami penyumbatan, penyakit jantung sianotik merupakan kerusakan pada jantung sehingga kurangnya oksigen pada seluruh tubuh. Jenis penyakit ini memberikan gejala seperti pembengkakan ekstremitas, kulit menjadi biru, sesak napas, lelah dan energi menjadi rendah dan irama jantung menjadi tidak teratur.

Gagal jantung merupakan salah satu penyakit yang dapat menyerang jantung, penyakit ini memberikan gejala seperti pembengkakan pada pergelangan kaki dan sesak napas ketika berdiri maupun berbaring, pembengkakan perut, kurangnya nafsu makan, penurunan konsentrasi dan nyeri dada. Penyakit katup jantung yang dialami oleh katup jantung yang membuka dan menutup, penyakit ini disebabkan oleh tekanan darah tinggi, serangan jantung dan jantung bawaan. Gejala yang ditunjukkan seperti suara murmur jantung, lelah, napas tersengal, pusing dan juga pingsan. Penyakit otot jantung merupakan penyakit yang menyebabkan otot jantung bertumbuh lebih besar dan kaku, gejala ini ditunjukkan dengan berdebar lebih cepat, kaki bengkak, kembung.

Berikut adalah cara mengatasi detak jantung yang kencang secara mendadak diantaranya:

  • Latihan pernapasan, seperti melakukan yoga dan meditasi sehingga akan menenangkan otot tubuh, dengan cara menutup mata lalu meletakkan tangan di perut, menarik napas secara perlahan dan membuangnya melalui mulut hingga merasa tenang.
  • Manuver vagal dengan cara memercikkan air lalu menempelkan handuk dingin di wajah selama 30 detik sehingga akan memberikan stimulasi pada saraf vagus sehingga akan mengembalikan irama jantung.
  • Mengonsumsi banyak air putih sehingga akan mengalirkan darah ke seluruh tubuh, setidaknya mengonsumsi 8 gelas sehari sehingga tubuh tidak terhidrasi, jangan sampai mulut kering, sakit kepala maupun kulit kering.

Berdasarkan tanya dokter spesialis jantung maka penderita sebaiknya mengonsumsi makanan dengan elektroliy. Makanan tersebut dapat dijumpai pada kentang dan sup sebagai natrium, alpukat, bayam, sayuran hijau sebagai kalium, susu dan produk susu sebagai kalsium. Penderita juga perlu melakukan olahraga secara teratur sehingga detak jantung akan normal dengan memilih jenis olahraga yang ringan dan mematuhi jadwal secara konsisten.